Desa Antosari

Desa Antosari berlokasi di kecamatan selemadeg barat, kabupaten tabanan. Desa Antosari menawarkan pesona hijau hamparan persawahan yang sangat luas dengan bentuk yang berundak-undak. Uniknya, letak persawahan yang terletak di kaki bukit menyebabkan bentuknya tidak simetris atau berliku sehingga tampak begitu memukau mata.
Luas wilayah Desa Antosari ialah 4.5 km2 atau sekitar 1 % luas Kabupaten Tabanan. Secara administratif desa Antosari terbagi atas tujuh banjar dinas/dusun yang meliputi :
  1. Banjar Dinas Petiles
  2. Banjar Dinas Umaseka
  3. Banjar Dinas Gulingan
  4. Banjar Dinas Tengah
  5. Banjar Dinas Dangin Pangkung
  6. Banjar Dinas Delod Rurung
  7. Banjar Dinas Bade Gede.
Desa Antosari sangat kental dengan budaya dan adat istiadatnya ditambah pemandangan dan hamparan sawah yang luas mejadi daya tarik tersendiri oleh wisatawan yang berkunjung pada desa antosari ini. Pada Desa Antosari terdapat tiga air terjun berpemandangan indah yang belum terjamah yakni:
  1. Air terjun Pangkung Kutat
  2. Air terjun Pangkung Bluluk
  3. Air terjun Singsing Bambangan

Konsep wisata yang ditawarkan oleh Desa Antosari ialah desa pariwisata yang melindungi kawasan pertanian. Oleh karena itu, jika ada investor yang tertarik untuk membangun di Desa Antosari, mereka tidak diperbolehkan mengambil lahan sawah dan dibuat untuk meningkatkan pendapatan petani maupun masyarakat Desa Antosari tanpa mengurangi kawasan lahan sawah yang ada, tetapi justru mempertahankannya.

Peta Lokasi

Sending
User Review
0 (0 votes)